Wednesday, January 20, 2010

Asep Rabbit Project, a review

















Whew, whew, wheeew..
At laastt!! setelah berulang kali ditunda, akhirnya hari itu tiba juga.
Hari apa sih emang?
Hihi..Hari magang di Asep Rabbit Project!! Hohoho..
Jadi, hari Jumat-Sabtu-Minggu kemarin gw berpelesir sambil menimba ilmu ke sarangnya Pak Asep di Lembang sana. Fuiihh! Totemo tanoshikatta desu!! Yaiy!


Sangat membahagiakan berada di tengah-tengah firdaus penuh kelinci, ditambah lagi dengan udara Lembang yang memanjakan paru-paru ini..Hhhh..
Tujuan gw magang di Asep Rabbit Project adalah untuk memperdalam kemampuan praktis gw dalam merawat kelinci (sebagai hewan kesayangan saat ini, dan sebagai ternak di masa depan nanti).



















Bunda Flemish Giant dan baby bunny.
Uwwwhhh..!! Lucu bangggeeedd...
Cuuuumm!




















Yang ini, Netherland Dwarf yang rada mirip ama Dwarf Hotot.
Gw sampai detik ini masih berusaha menghafal perbedaan antara ras-ras kelinci yang lebih ribet daripada ngafalin ras kucing.
Paling susah dibedain itu ; Flemish Giant, New Zealand, ama Vlaame Reus.
Ampun deh..



Meskipun hanya 3 hari mendekam di sana, gw memperoleh banyak pencerahan dan sudut pandang baru dari cerita-cerita dan curhatannya Pak Asep Sutisna. Dan tentunya gw bisa main bareng bocah-bocah bunnies yang mungil upil. Uggghh...Gemeeezz!

Pak Asep berulang kali mematri di pikiran kami (gw dan anak Unpad yang lagi PKL) bahwa peternak kelinci itu harus bersatu, jangan malah gontok-gontokan. Tujuannya adalah untuk menjamin kemakmuran dan kemajuan para peternak itu sendiri.
Selain itu, gw banyak memperoleh tips-tips praktis dalam menangani kasus-kasus yang sering muncul di peternakan kelinci.
Dan yang paling sering, Pak Asep doyan banget ngajak diskusi tentang formulasi ransum. Aaa~~ggghh!
Dari dulu gw paling ga ngartos ama mata kuliah ituh!
Hiiyh..apalagi yang pake metode trial and error-nya excel.
Tapi syukurlah, gw berhasil menyerap sekitar 60% dari metode formulasi ransum yang diajarkan Pak Asep.




















Ini adalah kandang bersama bagi anak-anak usia 2 bulan.
Mereka di kandang ini hanya selama 1 bulan saja.
Karena, saat menginjak usia 3 bulan, egosentris mereka (terutama yang jantan) muncul.
Jika tak segera dipisahkan, mereka akan saling mencabuti bulu (awalnya) bahkan bisa saling gigit balls (akhirnya).























Bunda Angora yang baru melahirkan..
Waktu si Lolli cabut-cabut bulu buat bikin sarang, gw udah keringet dingin liat bulu di dadanya abis. Eghh..Ternyata si Bunda Angora ini lebih parah...
Hebat, dia jadi bertransformasi ke anjing puddle..
Hohoh..



Ada kejadian mengerikan di hari pertama, yaitu saat gw mencacah rumput gajah untuk dijadikan bahan pellet. Di saat gw sedang berusaha keras mencacah sambil menanggapi omongan orang-orang
...
Eghh..Croot! Tiba-tiba gw melihat sesuatu yang loncat di dekat gw.
Ooohh..
Ternyata itu seperempat bagian kuku gw yang cuil gara-gara kena parang.
(Alhamdulillahnya, ga terasa sakit...Tapi darahnya heboh).

Kejadian mengerikan di hari kedua, yaitu saat gw dengan sok taunya menggunakan mesin pembuat pellet yang digerakkan oleh tenaga solar. Gw sempat berpikir, “Iyh, enak yah, bikin pelletnya..Praktis, cuma diaduk-aduk gini doank..”.
Dan akhirnya gw sempat menjadi ngantuk..
Untungnya gw ga melakukan hal-hal membahayakan lagi.
Karena ternyata banyak kecelakaan akibat melamun yang melibatkan mesin pellet itu dan tangan buntung! Aggghhh!
Jadi, tangan orang yang ngantuk itu masuk ke dalam motornya mesin, dan.....keluarlah pellet berprotein tinggi yang warnanya tentu rada-rada merah gitu.
Aggghhhh!!
Alhamdulillah gw ga kenapa-napa..!!!
Hiiyh..merinding...



Oh,ya.
Ironisnya, di saat gw sedang mengabdikan diri bagi kelinci-kelinci di sana, Cimo-ku (a.k.a Smokey) sakiiitt! Awwch!
Hal ini bikin perut gw melilit tujuh belit!
Aduuh..Untungnya berita itu baru sampai hari Sabtu..
Jadi hanya sisa 1 hari yang gw jalani dengan penuh khawatir..
[Alhamdulillah, sekarang Cimo udah nakal lagi..Mungkin dia kangen ama bundanya aja..hihihi [GR berat]].



Magang yang menyenangkan ini dilengkapi dengan menginapnya kami sekeluarga di D’Carmel, sebuah Boutique Hotel di Jalan Raya Lembang. Arsitekturnya mirip gereja modern gitu (atau mungkin emang tadinya gereja), plus lukisan Last Supper yang ada di Da Vinci Code itu.
Kamar yang VVIP dilengkapi dengan jacuzzi. Nyum!!
Dan yang paling penting, WiFi-nya supercepaattt!! Sluurrppp..
Jadi bisa donlot banyak banget film sementara kita bobok..Huhuhuhu...

Dan bagusnya lagi, service-nya okeh.
Misalnya, tadinya breakfast dimulai jam 7. Padahal gw udah harus ada di Pak Asep jam 7. Jadinya, gw pasrah ga bakal dapet sarapan. Egh, ternyata jam setengah 7 kurang sarapannya udah ada di meja. Nice job!!

No comments: