Sunday, March 14, 2010

Nippon no Hibi 2010, a review


















Kami semua, personel DS, hingga saat ini belum mahir berakustik ria.
Entah mengapa.
Jadi saat mengetahui bahwa Nippon no Hibi 2010 ini harus dalam format akustik, beberapa dari kami merasa ragu.
Namun, gw yang mengalami intoksikasi akibat live performance Flyleaf versi akustik, merasa ingin mengambil kesempatan tampil akustik ini (sekaligus sebagai bahan pembelajaran).


Lagu pilihan untuk tampil selama sekitar 20 menit ini tak muluk-muluk.
Alasan utamanya adalah karena Aswan tidak bisa latihan minggu berikutnya.
Sehingga kami tak sempat mengaransemen lagu yang cukup rumit.
Jadi lagu yang dipilih adalah Glamorous Sky, Tonight dan Fearless.























Pas hari H, tanggal 13 Maret 2010 (bertepatan dengan hari ulang tahun Kira), dengan bodohnya kami (kecuali Roku) baru datang 45 sebelum jam main (pukul 13.30 WIB).
Dengan tergopoh-gopoh kami mencari ruang ganti dan baru saja akan memulai proses make up saat gw menguping pembicaraan Roku & panitia.
Isi dari pembicaraan itu adalah :
Ada protes dari pihak Binus Anggrek, karena suara berisik yang muncul dari panggung di lantai 1 mengusik ketenangan para mahasiswa yang sedang kuliah.
(Saya bertanya-tanya, apakah tak pernah ada surat perizinan acara? Atau mungkin ada perubahan rencana?)
Sehingga, panggung hanya boleh diisi disaat tak ada kelas yang kuliah, yaitu jam 1, jam 3 dan jam 5 ke atas.

Honey Beat yang masih kekurangan personel memilih main jam 3.
Nah, jadilah kami pusying..
Karena setelah manggung kami berjanji untuk menjarah rumah si personel DS yang ultah.
Selain itu, Umaku Eisa Shinka sudah dijadwalkan untuk main jam 5.
Berhubung Eisa ini mengandung banyak kepala, tentu saja sulit untuk menggeser-geser jadwal tampil mereka.
Dan lagi, DS merasa tak enak sudah membuat ROku bolos tampil bersama Eisa hari itu.

Jadilah kami terpaksa main jam 1.
Yang artinya make up & peralatan harus sudah siap dalam 15 menit.
(Mohon maaf sebelumnya jika ada keberatan akan kalimat-kalimat berikutnya).

Sesungguhnya hal ini bukanlah masalah berarti, karena hari itu kami tidak mengenakan kostum ruwet.
Seharusnya kami bisa segera siap.
Namun sayangnya, setelah beres make up gw melihat hal yang membingungkan.

Gw melihat Roku sedang berada di atas stage dan sibuk mengatur-atur peralatan dan kursi-kursi.
Selayaknya seorang stage crew.
Masalahnya, dia yang mengaturnya SENDIRI.

Yang membuat saya bingung adalah, kami diharapkan siap segera dalam 15 menit, namun di atas stage belum ada alat apapun selain karpet.
Ya sudahlah, mungkin ada miskoordinasi dalam hal ini.

Tadinya gw ingin berpikir demikian ringannya.
Namun, kira-kira semenit sebelum personel naik, mixernya masih kosong..
Tak ada soundman atau siapalah gitu yang berjaga di sana..
Waduh.


Jika dalam suatu performance Sang Pengisi Acara yang ga siap, tampilannya bakal terlihat garing dan nyampah.
Nah, apakah yang akan terjadi jika pengisi acara sekaligus soundman (atau siapalah yang bertanggung jawab kalo ga ada orang panggung) tidak siap?
Ya sudahlah, saat kaki sudah menjejak lantai panggung, tentu tak boleh ada pikiran lain yang mengganggu.
Gw waktu itu berpikir, "Yo wes lah.. Mau kedengeran keq mau kaga ada suaranya keq, yang penting gw tampil sesuai yang sudah kami janjikan".

Ketololan kami yang paling fatal adalah ; alat-alat yang harusnya perlu disetem ga disetem.
Oon parah...
Parah..
Parah..























Well, banyak sekali miracle yang muncul dengan segala kekurangan tersebut.
Keajaiban yang paling penting adalah :
Panggungnya tidak roboh saat diinjak oleh kami ber5, terutama saat Roku naik..

Yah, moral dari kisah ini adalah :
Saat ditawari main akustik, bawalah sebanyak mungkin alat kalian sendiri (termasuk ampli, mic dan mixer kalo perlu).


7 comments:

Anonymous said...

tralalalalala...
Eisa-pun mengalami kejadian konyol pas manggung di sini... Huhuhu... Kejadian yang sebenernya menurut gw gak seharusnya terjadi seandainya ada koordinasi yang baik antara pengisi acara dengan panitia... :D

Pratiwi Kusumaningtyas said...

Ay, Ay..
Lagi di Cilacap y sekarang?

Wah..
Kenapa emang EisA?
Panggungnya jadi ambruk kah?
Padahal ROku dah ga ikut main..
Ckckcckkck...

Anonymous said...

ah lo jadi membajak mic nya toh ay??
sekali lagi panggung dikuasai mc payah, norak ah XDD

padahal gw udah kirim peringatan dini k bur lo, dya kaga percaya siy XDDDDDD

Anonymous said...

Iya Wi, kenapa gitu? Kok tau aja si?

Yah... Ada beberapa kekacauan. Salah satunya yang tidak begitu mengganggu ya seperti yang lw bilang. Wahahaha...Untungnya gak sampe ambruk, soale udah diakalin para truk tronton suru maen dibawah. XDD Tapi tetep aja lho, meskipun yang tipis2 yang naek, geter2nya tu panggung cukup heboh.

Yang cukup mengganggu adalah absennya mc ketika performer mati gaya di atas panggung gara2 musik belum siap, akibatnya seperti yang Shippo bilang, gw membajak mic n jadi mc mendadak.

Nah, yang sangat mengganggu, adalah sound yang awalnya berasal dari spiker lappi yang diinput lagi ke spiker panggung melalui mic... Hahahaha XD Bayangkeun deh kaya apa jadinya. Udah gitu, pas kita semua lagi konsen2nya dengerin musik yang ntah udah sampe mana *karena suara terlalu kecil*, tiba2 spiker radio binusnya nyala aja lho, dan suara spiker panggungpun langsung TENGGELAM. Kita semua pada nyengir... XDDD Untung abis itu outputnya dipindah pake spiker radio binus jadi lebih manusiawi suaranya, meskipun suara musik awal2 masih agak kecil jadi kita *gw sih* gak ngepol mainnya, makin kebelakang musiknya makin kenceng... hehe...

@Ppo. Pasti lw dicurhatin kemburun gw dah... Iya Ppo, gw gatel cuz mcnya diem aja padahal anak2 dah saling lirik bingung sambil cengarcengir sementara penontonpun terlihat expecting something gitu. XDD Lagian musiknya kagak nongol2. Ebuset, gw liat mic nganggung, samber ah. :P

Pratiwi Kusumaningtyas said...

Hoahahahah..
Gebleq deh.. Memang kita mesti lapang dada kalo ada hal-hal tak diinginkan terjadi saat on stage..
Untungnya loe dah ada bakat ngemcie, Ay! (gw penasaran, apa aja yang loe omongin waktu itu..)

Btw, Ay!! Udahan ah pacarannya..
Mana niy liriknya..?
Hahah..
KEjamnya gw, udah minta lirik, dipaksa ngemcy di launching party, trus suka jadi tukang dokumentasi dadakan..
Euhh..
ampun Ay..
Smoga kebaikan loe diterima di sisiNya.. AMien..

Anonymous said...

Jyahaha, kata siapa gw ada bakat ngemc? XD Ah... Apa ya, cuma ngomongin hal2 yang kasual macam cuaca, global warming dan kenapa sendal jepit swallow mulai berkurang eksistensinya dewasa ini kok... :P

Liriknya udah dikirim ke imel ds yap.. Emang lw Wi, kejam. *gelindingin ke jurang* :P

Jangan dulu berpulang itu kebaikan gw... Tar gw ogah nranslate, ogah ngemc n ogah ndokumentasiin kalian2 lagi. XD *eniwei sejujurnya daritadi gw mikirin gimana caranya besok gw bisa ngmc sambil ngedokumentasiin performance kalian, just because I want to. XDDD*

Wi, vid indienation dunk.:D

Pratiwi Kusumaningtyas said...

iya Ay, ampun Bos..
Kepala kita udah penuh rencana..
Video ntr dulu yahh..
kepala udah nyaris pueecahh..
sabar, Ay!