Sunday, January 25, 2009

Emergency Clazz

Ada satu mata kuliah yang tadinya sangat gw takuti… Namanya Ilmu Bedah Khusus Veteriner..Ada di dua semester pulak..IBKV 1 untuk hewan kecil..IBKV 2 untuk hewan besar… Di praktikum mata kuliah ini, kita diwajibkan mengobok-obok kucing.. Anjing juga boleh siy..Tapi kalo ampe terjadi kegagalan (a.k.a hewannya “lewat” a.k.a meninggal) kan gawat banget.. Lagian sapa siy yang mau nangkepin anjing di pinggir jalan, dan ga ada pulalah orang yang nekat make anjingnya sendiri buat latihan operasi..


Yah, pokoknya gw yang alergi kucing (+kampung) ini pasti kerepotan kalo jadi bagian yang nyuntikin, ngukurin nadi, napas, dan suhu badan..Pasti gw gatel-gatel..Hiih.. Tapi setelah dijalani sampe UTS, akhirnya gw tau kuncinya biar ga gatel-gatel.. Yaitu..suruh orang lain yang ngerjain dan gw tinggal ongkang-ongkang kaki.. hAHAHAh.. ya ga mungkin lah.. Yah, pokonya sekarang gw pasti pake masker kalo ke ruang bedah..Mau disangkain sinting juga bodo banget,d..Soalnya di sana banyak sekali bulu-bulu yang berterbangan.. Tadinya gw tuh pasti sakit perut kalo mau jadi operator ato asisten operator. Sumpe,d.. rasanya stress berat.. Tapi setelah periode UAS, gw malah ‘nagih mau jadi operator ato asistennya..Hahah..

















Nahk..ini foto pas gw ngoperasi (a.k.a memotong) ekor seekor anak kucing yang tadinya brutal, tapi setela
h dioperasi jadi jinak..Nama operasinya Caudectomy..(Cauda = ekor, tomy = menyayat/memotong). Kalo di dalem foto koq keliatannya serem y? Tapi sebenernya sih Cuma kaya loe ngeliat tukang daging di pasar lagi motong ekr sapi buat dijadiin sop buntut doank..



Trus yang ini adalah foto waktu temen gw (Rezi, yang pake jilbab putih) berperan sebagai operator dalam rangka mensterilkan kucing cewe. Nama operasinya adalah Ovariohisterectomy (pengangkatan ovarium dan saluran reproduksi hingga uterus) alias O.H. Mana ada niy orang lagi operasi di tipi-tipi foto-foto genit gini..Mana dosennya ikutan juga pulak..Halo Pak Dudung..Hehe..

No comments: