Thursday, May 31, 2012

About "Only One", "Neorago", and "Cintaku Kamu" Song

1. Pernah dengar Only One-nya Yellowcard?



Pertama kali dengar, umur gw baru 16 tahun..
Yep, totally an "ababil"..
Dan tanpa butuh waktu lama, gw langsung jatuh cinta setengah mati sama lagu itu, dan juga jatuh hati dengan Yellowcard.

Secara dangkal, lagu ini bercerita tentang "kasih tak sampai" seorang cowo terhadap gadis pujaannya.
Akibat "bad timing" atau emang ga takdir, mereka berdua ga bisa bersama lagi.
Lalu, Si Cowo sambil patah hati bilang...

"....I feel so broken up and I give up
I just want to tell you so you know
.....
Here I go, scream my lungs out
And try to get to you
You are my only one
I let go but there's just no one
That gets me like you do
You are my only, my only one..."

Waktu SMA, gw termewek-mewek mendengarkan lagu ini.
Waktu itu gw berpikir, "Duh, kasiyan banget niy cowo.. Hix.. Bener-bener kisah cinta yang tragis".

Kemudian..
Waktu kuliah, gw disadarkan oleh partner gw tentang "sisi brengsek" lagu ini.
Menurutnya, cowo pemeran utama di lagu ini bertingkah seenak jidat.
Pasalnya, dia "menyilakan" cewe pujaan-nya untuk pergi mencari cowo lain, namun dia masih mengingatkan tuh cewe bahwa, "Loe tuh satu-satunya bagi gw...Tapi ya sudahlah, silakan pergi mencari cinta sejatimu.."
Soalnya Yellowcard bilang...


."..I've made my mistakes, lead you down
And I can't, I can't hold on for too long
...
And something's breaking up


I feel like giving up
I won't walk out untill you know
...


Here I go, so dishonestly
Leave a note for you, my only one
And I know you can see right though me
So let me go and you will find someone..."

Dan akhirnya, 8 tahun kemudian..
Gw punya pemahaman gw sendiri tentang lagu ini.
Mungkin bisa dibilang dari sisi yang lebih positif..



2. Neorago (It's You) dari Super Junior..



Boyband ini bukanlah kesukaan gw (ga tahan liat badan cowo yang tipis-tipis gini (mirip papan buat nyuci))..
TAPI.
Saat pertama kali mendengar Neorago yang dinyanyikan oleh partner, gw langsung merinding.
Music video-nya juga buaguus bangget. Gw menilainya dari sudut pandang objektif, lho..

Tema lagunya mirip dengan Only One, hanya saja Neorago lebih polos dan tulus, juga lebih mengarah ke forbidden love gitu sih..

Misalnya waktu SuJu bilang,
"..Imi noneun dareun saranghaet kkaetjiman
Nohl chilsuga obseo dashi dolikilsu obseo oh.."
Yang artinya kira-kira "meskipun loe sudah menemukan yang lain, gw tetep menyayangi loe.."

Lalu..
"...Keu nuga nuga mworaedo naneun sangwan obdago
Keu nuga nuga yokhaedo nomanbarabun dago
Na dashi taeor nandedo ojik nobbunirago
Jakku jakku shigani heullodo.."
Yang terjemahan lepasnya kira-kira "Apapun yang terjadi, meskipun dikutuk orang, meskipun gw terlahir kembali, tetap hanya loe yang gw cintai.."

3. Cintaku Kamu-nya Dhisa.. 



Merupakan lagu cantik yang dinyanyikan oleh penyanyi yang cantik..
Musiknya sederhana, sehingga makin menonjolkan lirik lagunya yang jujur namun tetap mendalam.
Misalnya saat dia bilang..
"...Ku sadari meski bintang bersinar di langit indah
Aku tak akan mampu menggapai sinarnya
Dirimu kan selalu di sana dengannya
Takkan berubah meski cintaku kamu.."


Nah.. Inilah interpretasi sederhana gw mengenai tema ketiga lagu di atas.
Only One, meskipun mungkin dibuat untuk menutupi kebrengsekan seorang cowo, tetap memiliki nilai positif. Demikian juga kedua lagu berikutnya.
Setelah menjadi lebih matang, gw baru paham mengenai perasaan ini.
Kira-kira bisa dideskripsikan seperti ini.
....
"Saya mencintai kamu apa adanya.
Di kehidupan yang sekarang, sebelumnya, ataupun yang mendatang (jika memang ada).
Tetapi..
Jika saya memaksakan untuk menunjukkan rasa ini, tentu akan menyulitkan kamu.
Jika saya memaksakan untuk memiliki kamu, tentu banyak orang yang akan terluka.
Di sisi lain, jika saya memaksakan diri untuk melupakan kamu, saya hanya akan menjadi orang munafik yang berwajah masam.


Jadi, yang bisa saya lakukan hanyalah ikhlas dan tawakal.
Saya mengikhlaskan bahwa saya mencintai kamu seperti ini apa adanya.
Dengan demikian, saya tidak akan membenci diri sendiri karena mencintai kamu.
Saya juga tidak peduli apakah kamu membenci saya, mengabaikan saya, atau mungkin kamu juga menyimpan perasaan yang sama.


Kamu boleh mengacuhkan saya, menyakiti saya, maupun menyanjung saya.
Apapun yang kamu lakukan, saya menerima.
Karena memang, saya sudah menerima diri ini yang selalu mencintai kamu.
Bahkan, jika kamu mengucapkan selamat tinggal, saya pun akan menerima.
Tetapi setidaknya kamu sudah tahu, bahwa saya memang mencintai kamu.


Saya berharap semua yang terbaik untuk kamu.
Saya juga berdoa untuk memperoleh yang terbaik bagi saya sendiri.
Meskipun saya sangat tahu, kebersamaan kita memang belum tentu 'yang terbaik'.


Jika kamu memilih orang lain, saya pun tetap akan mencintai kamu apa adanya, tidak akan berubah.
Karena itu adalah pilihanmu.
Jika saya bersama orang lain, saya pastinya mencintai orang tersebut.
Tetapi..
Di dalam hati ini akan selalu ada ruangan mewah untukmu dan semua kenangan itu.
Karena, seperti kata Dhisa...
"Takkan ada yang berubah dari kita semua...
.....meski cintaku kamu.."

No comments: